Makanan Ciri Khas Dari DKI Jakarta

Makanan Ciri Khas Dari DKI Jakarta

Bubur Ayam Travelling Vendor 4

DKI Jakarta Sebagai ibukota negara Indonesia dan kota metropolitan juga banyak memiliki santapan khas nya sendiri. Salah satu ciri dari makanan khas Jakarta yaitu mempunyai rasanya yang gurih dan sedap.

Apa sajakahsantapan ciri khas dari DKI Jakarta? Berikut yaitu beberapa diantaranya:

Bubur Ase

Bubur Ase, makanan khas Betawi yang suah langka ini, gak hanya rasanya yang enak, tetapi bubur yang satu ini jelas lain dari yang lain dan unik. Tidak seperti bubur ayam pada umumnya, bubur ase terbilang unik karena merupakan campuran dari 3 bentuk konsumsi. Selain bubur yang dibuat dari nasi yang dilumatkan, ada lagi pelengkap lain ialah kuah semur dan asinan yang terdiri dari irisan wortel, kol, sawi asin dll. Selain itu apabila suka bisa juga ditambahkan kerupuk merah atau emping. Perpaduan bubur, semur, dan asinan ini ternyata menciptakan rasa yang luar biasa.


Asinan Betawi

Asinan betawi ialah asinan sayuran yang berasal dari Jakarta. Beragam bentuk sayuran yang diasinkan dan diawetkan seperti sawi, kubis, taoge, tahu, selada, potongan tahu mentah, dengan siraman bumbu kacang yang dicampur cuka dan cabai, ditaburi kacang goreng dan krupuk mi.

Soto Betawi

Soto Betawi merupakan santapan ciri khas Betawi yang cukup dikenal di Jakarta, dalam soto ini ada campuran daging, jerohan sapi dan kuah santan kental yang membuatnya rasa menjadi lebih terasa gurih dan nikmat.

Kembang Goyang

Kembang Goyang yang renyah dan enak ini terbuat dari tepung beras, kue kering ini dinamakan Kembang Goyang karena saat akan digoreng, cetakan digoyang-goyangkan di atas minyak panas agar adonan terkelupas dari cetakan. Kue Kembang goyang menjadi suguhan ciri masyarakat betawi dan biasa disajikan pada saat hari raya Idul Fitri dan acara-acara hajatan

Kerak Telor

Kerak telor merupakan salah satu konsumsi ciri khas dari Jakarta. Makanan ini dibuat dari bahan-bahan antara lain seperti beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi dan parutan kelapa yang disangrai kering, serta bawang goreng, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam dan gula pasir sebagai bumbu tambahannya. Cara membuat santapan ini lumayan unik karena bukan dimasak di atas kompor namun dimasak diatas bara api. Pedagang kerak telor sesekali membalikkan kuali agar permukaan dari kerak telor tersebut juga terpanggang dan matang merata sambil dikipas-kipas agar bara api tetap menyala. Setelah kering dan matang kerak telor siap untuk disajikan.

Semur Jengkol

Semur jengkol ialah salah satu menu makanan khas , pasalnya siapa yang gak tahu dengan rasa masakan semur jengkol ini, pastinya akan begitu banyak orang yang sudah mengetahuinya, sebab resep semur jengkol ini ialah masakan khas Betawi yang memang sangat fenomenal dan juga paling terkenal hingga keseluruh nusantara.

Gabus Pucung

Sayur Gabus pucung ialah makanan yang terbuat dari buah pucung , karena di buat dengan buah pucung maka kuah dari Sayur Gabus keluwek berwarna gelap agak kehitaman seperti halnya. Walaupun berwarna gelap tapi kalau masalah rasa jangan di tanya apalagi di padukan dengan ikan gabus yang empuk.

Itulah beberapa menu santapan ciri-ciri yang berasal dari Jakarta. Anda semua para pencinta makanan nusantara berminat untuk mencoba?

Leave a comment