Konsumsi Ciri Khas Dari DKI Jakarta

Konsumsi Ciri Khas Dari DKI Jakarta
9292-bubur-ase-khas-betawi

DKI Jakarta Sebagai ibukota negara Indonesia dan kota metropolitan juga banyak punya makanan khas nya sendiri. Salah satu ciri dari makanan ciri Jakarta adalah punya rasanya yang gurih dan sedap.

Apa sajakahsantapan khas dari DKI Jakarta? Berikut adalah beberapa diantaranya:

Bubur Ase

Bubur Ase, pangan ciri Betawi yang telah langka ini, gak hanya rasanya yang enak, tetapi bubur yang satu ini jelas beda dan unik. Gak seperti bubur ayam pada umumnya, bubur ase terbilang unik karena merupakan kombinasi dari tiga bentuk konsumsi. Selain bubur yang terbuat dari nasi yang dilumatkan, ada lagi pelengkap lain yaitu kuah semur dan asinan yang terdiri dari potongan wortel, kol, sawi asin dll. Selain itu jikalau suka bisa juga ditambahkan kerupuk merah atau emping. Gabungan bubur, semur, dan asinan ini ternyata menciptakan rasa yang luar biasa.


Asinan Betawi

Asinan betawi ialah asinan sayuran yang berasal dari Jakarta. Berbagai macam sayuran yang diasinkan dan diawetkan seperti sawi, kubis, taoge, tahu, selada, potongan tahu mentah, dengan siraman bumbu kacang yang dicampur cuka dan cabai, ditaburi kacang goreng dan krupuk mi.

Soto Betawi

Soto Betawi merupakan pangan ciri khas Betawi yang lumayan ternama di Jakarta, dalam soto ini ada campuran daging, jerohan sapi dan kuah santan kental yang menjadikanya rasa menjadi lebih terasa gurih dan nikmat.

Kembang Goyang

Kembang Goyang yang renyah dan enak ini terbuat dari tepung beras, kue kering ini dinamakan Kembang Goyang karena ketika akan digoreng, cetakan digoyang-goyangkan di atas minyak panas agar adonan terkelupas dari cetakan. Kue Kembang goyang menjadi suguhan ciri khas orang betawi dan biasa disajikan pada saat hari raya Idul Fitri dan acara-acara hajatan

Kerak Telor

Kerak telor merupakan salah satu konsumsi ciri khas dari Jakarta. Konsumsi ini terbuat daribahan-bahan diantaranya seperti beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi dan parutan kelapa yang disangrai kering, serta bawang goreng, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam dan gula pasir sebagai bumbu pelengkap nya. Langkah membuat konsumsi ini lumayan unik karena tidak dimasak di atas kompor namun dimasak diatas bara api. Pedagang kerak telor sesekali membalikkan penggorengan agar permukaan dari kerak telor tersebut juga terpanggang dan matang merata sambil dikipas-kipas agar bara api tetap menyala. Setelah kering dan matang kerak telor siap untuk disajikan.

Semur Jengkol

Semur jengkol adalah salah satu menu pangan ciri-ciri, pasalnya siapa yang tidak tahu dengan rasa masakan semur jengkol ini, pastinya akan begitu banyak orang yang sudah mengetahuinya, sebab resep semur jengkol ini merupakan masakan ciri Betawi yang memang sangat fenomenal dan juga paling ternama hingga keseluruh nusantara.

Gabus Pucung

Sayur Gabus keluwek merupakan santapan yang terbuat dari buah keluwek , karena di buat dengan buah keluwek maka kuah dari Sayur Gabus keluwek berwarna gelap agak kehitaman seperti halnya. Biarpun berwarna gelap tapi kalau masalah rasa jangan di tanya apalagi di padukan dengan ikan gabus yang empuk.

Itulah beberapa menu makanan ciri-ciri yang berasal dari Jakarta. Anda semua para pencinta masakan nusantara berminat untuk mencoba?

Leave a comment